Take a fresh look at your lifestyle.

KSU Sirojuth Tholibin Gorontalo, Koperasi Berbasis Pondok Pesantren (KOPONTREN) di Kabupaten Gorontalo

Sidomukti – Pertumbuhan koperasi di Kabupaten Gorontalo perlahan mulai bertambah seiring dengan kebijakan Bupati Gorontalo yang mendukung penuh tumbuhnya sektor perkoperasian terutama di dunia pendidikan keislaman pondok pesantren. (Kamis, 19/2/2023)

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Gorontalo menghadiri sosialisasi pembentukan Kopontren di lingkungan Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Desa Sidomukti. Dalam arahannya, Arifin Suaib, SE, ME mengatkan bahwa “Koperasi diakui keberadaannya dalam konstitusi negara kita sebagai sokoguru perekonomian bangsa, dimana seluruh aktifitas perekonomian memposisikan koperasi sebagai penyangganya”.


Lebih lanjut Kadis mengungkapkan dewasa ini mulai tumbuh kesadaran warga bahwa dengan bersama-sama maka usaha yang dibangun akan tumbuh kuat dan sukses, dimana koperasi yang merupakan kumpulan orang-orang mempunyai kepentingan yang sama.
Sebagai wadah perekonomian, koperasi juga sebagai wadah memperkuat ukhuwah dan kegotong-royongan serta tidak ada pihak yang dieksploitasi. Simpul-simpul kekuatan disatukan kemudian menjadi besar dan berkembang dalam naungan pondok pesantren.

Suleman Kasim, SE selaku Pejabat Fungsional Pengawas Koperasi dalam arahannya mengatakan bahwa membangun ekosistem bisnis pesantren sangat prospektif seperti Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri yang sukses mengelola 200 ritel modern “Basmallah” dengan prinsip dari santri, oleh santri dan untuk santri. “Olehnya Pesantren sangat prospektif menjadi basis koperasi yang baik”, ungkapnya.

Kepala Bidang Koperasi Bonny AR. Moonti, S.Sos, M.Si menambahkan “Kopontren Sidogiri diunggulkan secara nasional karena beromzet triliunan dengan ratusan gerai serta punya produk air minum merk santri. Mereka berhasil menjadikan ritel sebagai tempat belanja dan latihan para santri untuk berwirausaha, juga sebagai wadah membina jiwa entrepeneurship”. Kabid Koperasi menyarankan agar pembentukan¬† kopontren ini diseriusi dengan baik dan dijalankan dengan prinsip-prinsip pengelolaan koperasi yang baik. Semoga ini menjadi kopontren percontohan di Kabupaten Gorontalo.


Diakhir acara Kadis Koperasi UKM brrsilaturahmi kepada Pengasuh Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin KH. Ahmad Masduqi Aljabalani, sembari berdo’a bersama memohonkan agar pendirian kopontren ini sukses dan diberkahi Allah SWT.

#eksis_bernilai

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.